Kekuatan 'Ngemenk'

sebel gw sama dia.....!!!
knapa sih harus lembur...????
dasar atasan  egois....!!!
mana cukup bwat kawin gaji segini.....????

Terjemahan: ngemenk = perkataan/omongan/ungkapan

Kalimat diatas hanya beberapa ungkapan atau ngemenk-an atau curhat atau umpatan atau curcol (curhat colongan) yang sering kita dengar bahkan keluar dari mulut kita sendiri. Dalam dunia kerja, kalimat-kalimat tersebut biasanya keluar dalam kondisi dan situasi yang non formal. Misalnya saat jam istirahat, saat menjelang pulang kerja, saat lembur, saat break meeting, atau bahkan saat mengambil air wudhu. Ya seringkali apa yang diungkapkan pada saat itu kebanyakan 'jujur' dan 'spontan' dari lubuk hati yang paling dalam.

Barangkali yang menjadi pertanyaan adalah knapa ngemenk-an tersebut bisa 'jujur' n 'spontan'???

Biasanya seseorang dengan tekanan kerja tinggi, tugas menumpuk, atasan otoriter, serta lembur terus akan cenderung menyimpan 'ganjalan' di hati. Ganjalan tersebut biasanya hal-hal yang berbau negatif, entah perasaan tidak senang dengan rekan kerja, atasan atau job desk atau bahkan hal-hal diluar itu yang tidak bisa dijelaskan. Ngemenk-an itu pun akan terlontar dari mulut seseorang bila situasi dimana atasan tidak ada atau obyek ngemenk-an tidak di tempat. Bahkan kadangkala ngemenk-an tersebut sangat ekstrem isinya. Dari kata-kata tanpa EYD hingga bahasa Ragunan keluar dengan bebasnya diiringi volume suara yang cukup tinggi.
Banyak sudut pandang dan tafsiran dari maksud seseorang ngemenk. Gejala umumnya adalah hanya sekedar spontanitas untuk mengeluarkan uneg-uneg dari hati yang paling dalam. Entah itu benar atau salah, entah itu tepat atau tidak, entah itu kasar atau halus, yang jelas ada perasaan yang 'berbeda' ketika melakukan itu. Tak jarang apa yang diungkapkan tidak ada hubungannya denga kerjaan. Mungkin itu hal yang wajar bagi sebagian orang, namun hal sebaliknya bagi sebagian orang yang lain. Barangkali yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai ngemenk-an kita itu menjadi kontraproduktif terhadap pekerjaan kita. Bahkan dapat menjurus menyakiti orang lain dengan apa yang kita ngemenk-kan. Ingat setiap kita memiliki HATI yang begitu sensitif terhadap hal-hal kecil, termasuk ngemenk-an tersebut.

Bagaimana dengan anda????